Trustpilot
Jumat , 3 Desember 2021
”Iklan
”Iklan”Iklan ”Iklan
Polemik PUPUK
gambar ilustrasi

Tidak Hanya Dairi ” Polemik Pupuk Subsidi ” Sejumlah Daerah Terdampak Penurunan Kuota

DAIRIPOS – Polemik Pupuk Subsidi di Tanah Air menjadi salah satu pembahasan penting saat ini. Seperti pembahasan di Komisi IV DPR RI,  “Bahwa Pupuk bersubsidi mengalami masalah distribusi. Persoalannya bermula dari blokir distribusi pupuk bersubsidi di beberapa wilayah di Indoneseia. PT. Pupuk Indonesia yang ditugasi mendistribusikan pupuk, ternyata tata kelola distribusinya amburadul, sehingga menuai protes di kalangan petani. Alih-alih menekan kekurangan pupuk jelang musim tanam tahun ini, yang terjadi malah sebaliknya. Pupuk subsidi masih langka di beberapa wilayah. Petani pun kesulitan mengakses pupuk subsidi untuk memulai musim tanam”

Dari pantauan Redaksi, persoalan pengurangan kuota pupuk terjadi bukan hanya di alami provinsi Sumatera Utara, melainkan merata di wilayah Indonesia, seperti, Tasikmalaya, Jawa Barat, menurut Ketua Umum INTANI Guntur Subagja, pemegang kartu tani justru tidak mendapatkan pupuk bersubsidi, Petani Aceh hanya menerima subsidi pupuk sebanyak 36 persen dari Rencana Definitif Kebutuhan Kelompok (RDKK), Sragen, Jawa Tengah musim ini dikurangi hampir sepertiga, Petani Jawa Tengah dan Penjual Pupuk Keluhkan Minimnya pupuk Subsidi, jatah yang sudah minim, musim ini dikurangi sampai sepertiga, Gresik hanya mendapatkan 45 persen, begitu juga Kabupaten Sragen, Karanganyar, dan Wonogiri juga mengalami penurunan kuota yang signifikan, sementara, Sulawesi Selatan dan Sulawesi Tenggara realisasi alokasi pupuk bersubsidi baru mencapai 20 persen, begitu juga dengan Jember anjlok 51 persen, bernasib yang sama Alokasi Pupuk Bersubsidi di Bangkalan juga Berkurang jauh, Jombang mengalami penurunan kuota sampai 51 persen, begitu juga dengan wilayah Probolinggo, Madiun, dan Tuban yang hanya mampu memenuhi 15 persen saja dai kebutuhan RDKK.

Kabupaten Dairi, diketahui Untuk eRDKK yang sudah di input untuk Kebutuhan Petani Dairi yang di sampaikan ke Kementerian Pertanian, Redaksi dairipos.com mendapatkan data antara lain, Pupuk Urea (KG) 24.099.122, Pupuk ZA (KG) 8.373.799, Pupuk SP36 (KG) 12.900.091, Pupuk NPK (KG) 20.840.528 dan Pupuk Organik (KG) 50.099.430 namun Alokasi yang di dapatkan Kabupaten Dairi untuk setiap Item tidak sesuai dengan yang dimintakan yaitu Untuk Pupuk Urea (KG) Kabupaten Dairi mendapatkan 11.802.000, Pupuk ZA (KG) 2.916.000, Pupuk SP36 (KG) 2.450.000, Pupuk NPK (KG) 5.921.000 dan Pupuk Organik (KG) 4.224.000. Alokasi pupuk subsidi dikabupaten Dairi termasuk salah satu dari banyak wilayah yang mengalami penurunan Kuota.

Kunjungan Bupati Dairi ke Provinsi Sumatera utara
Kunjungan Bupati Dairi ke Provinsi Sumatera utara

Kondisi yg dialami sektor Pertanian Kabupaten Dairi, menjadi salah satu yang disampaikan oleh Bupati Dairi, DR.Eddy Keleng Ate Berutu mewakili para Petani Dairi saat Kunjungan Kerja Reses Komisi VI DPR-RI, Jumat (28/02/2020) di Aula Raja Inal Siregar lantai 2 Kantor Gubernur Sumut Jalan Diponegoro No 30 Medan.   Pada kesempatan tersebut Eddy Berutu menyampaikan persoalan kelangkaan pupuk subsidi di Dairi.  “Petani kami sampai saat ini mengeluh karena pupuk subsidi susah didapatkan oleh masyarakat akibat Pengurangan Kuota yang sangat jauh dari angka yang sudah kami ajukan melalui  eRDKK kepada Kementerian Pertanian” ujarnya. Dikatakan bupati “Kabupaten Dairi merupakan wilayah Pertanian, artinya kebutuhan pupuk subsidi menjadi kebutuhan Penting untuk Dairi, Untuk itu, kami memohon kepada bapak-bapak komisi VI untuk menyampaikan kepada Kementerian agar kuota pupuk subsidi di kabupaten Dairi ditambah” ujar DR.Eddy Keleng Ate Berutu. 

”Iklan”Iklan”IklanINVESTASI DAIRI POS

Tentang Novel Sinaga

Baca Juga

desa bongkaras, dairi dulunya makmur dengan pertaniannya sebelum dirusak oleh tambang (2)

Desa Bongkaras, Dairi dulunya Makmur dengan Pertaniannya Sebelum Dirusak oleh Tambang

Negara kita saat ini gencar-gencarnya mempromosikan dan mengagendakan program food estate dan mendatangkan investor sebanyak …

dairipos pelantikan pejabat eselon di pemkab dairi

Ramai Hastag #KamiPadamu di Medsos saat Sekda Leonardus Diganti

DAIRIPOS, SIDIKALANG – Pasca pelantikan pejabat Eselon II di lingkup Pemkab Dairi, berbagai aplikasi medsos …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

”Iklan”Iklan