Sabtu , 24 April 2021
Bupati Dairi, Dr Eddy Keleng Ate Berutu saat menyalurkan BLT Dana Desa di Desa Pegagan Julu VIII

Salurkan BLT kepada 103 KK di Desa Pegagan Julu VIII, Bupati Dairi Berharap Bantuan Dapat Meringankan Beban Masyarakat

DAIRI POS, SIDIKALANG – Bupati Dairi Dr. Eddy Keleng Ate Berutu kembali berpesan kepada para masyarakat penerima Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa agar mempergunakan bantuan sosial pemerintah di tengah Pandemi Covid-19 dengan sebaik-baiknya seperti untuk mencukupi kebutuhan pangan serta sembako. Ia berharap semoga bantuan pemerintah yang disalurkan melalui Pemerintah Kabupaten Dairi dapat meringankan beban masyarakat di tengah situasi sulit Pandemi Covid-19.

Hal ini disampaikan Bupati Dairi, Dr Eddy Keleng Ate Berutu saat menyalurkan bantuan BLT Dana Desa di Desa Pegagan Julu VIII, Kecamatan Sumbul pada Sabtu (23/5/2020). Pembagian BLT dana desa tersebut dilaksanakan di sekolah SD. Negeri No. 030337 Batang Ari Kecamatan Sumbul yang turut dihadiri oleh Camat Sumbul Roy Sinaga, Babinsa Kecamatan Sumbul, Kapolsek Kecamatan Sumbul serta Kepala Desa Pegagan Julu VIII Accen Sigalingging.

Dalam arahannya, Bupati Dairi Dr. Eddy Keleng Ate Berutu mengatakan pemberian Bantuan Langsung Tunai (BLT) dana desa ini merupakan instruksi langsung dari Presiden Indonesia Joko Widodo yang dituangkan dalam Peraturan Kementrian Desa tahun 2020. Dalam instruksi tersebut, Presiden Joko Widodo menginstruksikan agar dana desa yang ada di seluruh daerah di Indonesia dipergunakan untuk membantu warga yang terdampak akibat Covid-19.

“Atas arahan tersebut, maka Pemerintah Kabupaten Dairi menyalurkan bantuan langsung tunai (BLT) dana desa kepada masyarakat Kabupaten Dairi yang terkena dampak dari covid-19,” ujar Eddy Berutu.

Dalam menyalurkan bantuan tersebut, Bupati Dairi Dr. Eddy Keleng Ate Berutu mengatakan berbagai tahapan dan proses sesuai dengan prosedur yang telah ditentukan harus dilaksanakan oleh Pemerintah Kabupaten Dairi. Oleh karena itu, Bupati Dairi Dr. Eddy Keleng Ate Berutu menginstruksikan sleuruh jajarannya khususnya kepada para Camat dan Kepala Desa untuk bekerja lebih ekstra melakukan pendataan yang maksimal kepada para warga yang benar benar terdampak akibat covid-19 dan berhak mendapatkan bantuan tersebut.

“Saya sangat mengapresiasi setinggi tingginya kepada seluruh Camat dan Kepala Desa khususnya Camat Sumbul dan Kepala Desa Pegagan Julu VIII yang telah bekerja dengan baik sehingga penyaluran bantuan ini dapat terlaksana,” jelas Bupati Dairi Dr. Eddy Keleng Ate Berutu.

Dengan adanya BLT dana desa tersebut, Bupati Dairi Dr. Eddy Keleng Ate Berutu berharap kepada para warga yang akan menerimanya semoga dapat meringankan beban para warga dan menggunakan dana tersebut dengan sebaik-baiknya. Untuk jumlah bantuan yang akan diterima oleh para warga, Bupati Dairi Dr. Eddy Keleng Ate Berutu mengatakan para penerima bantuan akan menerima bantuan dalam bentuk uang tunai sejumlah Rp. 600.000 dan akan disalurkan secara bertahap mulai dari bulan Mei hingga Juli tahun 2020.

Bupati Dairi Dr. Eddy Keleng Ate Berutu dalam kesempatan tersebut menginstruksikan kepada Camat Sumbul dan Kepala Desa Pegagan Julu VIII agar melakukan penyaluran bantuan kepada seluruh warga penerima sebelum tanggal 28 Mei 2020.

Diakhir arahannya, Bupati Dairi Dr. Eddy Keleng Ate mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri bagi masyarakat umat muslim yang merayakan hari kemenangan setelah berpuasa sebulan penuh. Eddy Berutu juga menghimbau kepada warga muslim yang  ada di Kabupaten Dairi pada saat melaksanakan Sholat Idul Fitri pada saat lebaran nanti agar melaksanakan Sholat Idul Fitri di rumah masing masing karena Kabupaten Dairi masih menghadapi pandemi Covid-19. Selain melaksanakan Sholat Idul Fitri di rumah, Bupati Dairi Dr. Eddy Keleng Ate Berutu juga menghimbau kepada seluruh umat muslim untuk tidak melaksanakan pawai takbiran agar tidak terjadi kerumunan warga.

“Mari kita terapkan selalu protokol kesehatan dalam menghadapi dan mencegah penyebaran covid-19 di Kabupaten Dairi yang kita cintai ini,” ungkap Beliau.
Sebelumnya, Kepala Desa Pegagan Julu VIII dalam laporannya mengatakan untuk jumlah 103 KK. Usai menerima bantuan, salah satu warga penerima bantuan Pak Lingga menyampaikan ucapan terimakasih kepada Pemerintah Pusat dan Pemerintah Kabupaten Dairi yang telah menyalurkan bantuan dana desa kepada masyarakat di Desa Pegagan Julu VIII.

“Terimakasih Pak Jokowi karena kami telah menerima bantuan ini. Terimakasih juga kepada Bapak Bupati Dairi yang telah bekerja keras bersama seluruh jajarannya sehingga bantuan ini dapat kita terima. Semoga Bapak Bupati Dairi bersama jajarannya sehat selalu dalam menjalankan segala tugasnya,” ujarnya.

Pemberian bantuan di Desa Pegagan Julu VIII, Pemerintah Kabupaten Dairi bekerja sama dengan Bank Sumut Cabang Sidikalang untuk mempermudah penyaluran bantuan kepada warga. (Admin)

Tentang DP02

Baca Juga

Gelar Dialog Kerukunan Antar Anak Bangsa, Bupati Dairi Ajak Semua Pihak Menjaga Silaturahmi

SIDIKALANG – Bupati Dairi Dr Eddy Keleng Ate Berutu, Minggu (15/11/2020) membuka kegiatan dialog kerukunan antar …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *