Rabu , 20 Oktober 2021
Cloud Hosting Indonesia
Bupati Dairi Dr Eddy Keleng Ate Berutu dan Wakil Bupati Dairi, Jimmy AL Sihombing
Bupati Dairi Dr Eddy Keleng Ate Berutu dan Wakil Bupati Dairi, Jimmy AL Sihombing saat memotong tumpeng di acara HUT Dairi ke-73

Resepsi HUT Dairi ke-73, Bupati Launching Aplikasi Pelayanan Publik

DAIRIPOS, SIDIKALANG – Bupati Dairi Dr. Eddy Keleng Ate Berutu melakukan launching aplikasi Pelayanan Administrasi Kependudukan Berbasis Online (Perkebbas) dalam acara peringatan Hari Jadi Kabupaten Dairi ke-73 pada 1 Oktober 2020 di gedung Balai Budaya Sidikalang. Aplikasi pelayanan administrasi kependudukan berbasis online merupakan terobosan baru yang dilakukan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil dan Komunikasi dan Informatika Kabupaten Dairi guna memudahkan pelayanan kepada masyarakat yang ingin mengurus dokumen kependudukan. Bupati Dairi Dr. Eddy Keleng Ate Berutu dalam sambutannya mengatakan Aplikasi Perkebbas sudah dapat digunakan oleh masyarakat Dairi mulai hari ini untuk mengurus penerbitan KK baru; penerbitan KK karena perubahan data; penerbitan KK karena hilang atau rusak; permohonan KTP; Akta Kelahiran dan Akta Perkawinan.

“Untuk ke 6 pelayanan administrasi kependudukan tersebut dapat diakses dan diperoleh tanpa datang ke Kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil dan ke Kantor Kecamatan. Pelayanan pencatatan sipil melalui aplikasi Perkebbas akan sangat membantu masyarakat, dimana ke depan pada saat masyarakat mendapatkan pelayanan persalinan di Rumah Sakit maupun di Puskesmas, akan langsung bisa diterbitkan Akte Lahir anak dan Perubahan Kartu Keluarga,” ujar Bupati Dairi Dr. Eddy Keleng Ate Berutu. 

Selain launching Aplikasi Perkebbas, Bupati Dairi Dr. Eddy Keleng Ate Berutu dalam acara tersebut juga melaunching website disperpusip.dairikab.go.id. milik dari Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Dairi. Dengan adanya website tersebut, Beliau berharap layanan perpustakaan dan kearsipan, membudayakan membaca serta menggunakan literasi dengan bijak di Kabupaten Dairi dapat ditingkatkan.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Dairi Dr. Eddy Keleng Ate Berutu menyampaikan beberapa capaian kinerja yang telah dan sedang dilakukan sebagai upaya perbaikan dan pembenahan dalam penyelenggaraan pemerintahan Kabupaten Dairi. Beliau menuturkan diantaranya adalah Dinas Pertanian,  Ketahanan Pangan dan Perikanan Kabupaten Dairi dalam mengelola dan mengatur distribusi pupuk bersubsidi, telah menerbitkan Kartu Tani yang bekerja sama dengan Bank BNI. Hingga 28 September 2020, Bupati Dairi Dr. Eddy Keleng Ate Berutu mengatakan Kartu Tani telah tersalur sebanyak 25.565 kartu, dan terdapat 3 Kecamatan yang sudah terealisasi mendekati 100% sesuai dengan data E-RDKK Elektronik Rencana Definitif Kebutuhan Kelompok (E-RDKK) yaitu Kecamatan Sidikalang, Kecamatan Gunung Sitember dan Kecamatan Berampu.

BACA JUGA :

Tentang Novel Sinaga

Baca Juga

bupati dairi eddy berutu

Hore, Alokasi Transfer Daerah Tahun 2022, DAK Fisik ke Dairi Tertinggi Ke-2 se Sumut

DAIRIPOS, Kabupaten Dairi – Alokasi Transfer Dana Desa/ DAK Non Fisik/ DAK Fisik Tahun Anggaran …

Bupati Resmikan Bumdes di buntu raja di

Resmikan Bumdes, Bupati Dairi ingin Pengelolaan Air Minum di Desa Terus Dikembangkan

DAIRIPOS, SINEHU – Bupati Dairi Dr. Eddy Keleng Ate Berutu meresmikan Bumdes Martabe Desa Buntu …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Cloud Hosting