Trustpilot
Jumat , 3 Desember 2021
”Iklan
”Iklan”Iklan ”Iklan
Penyemprotan Disinfektan Secara Fogging Tidak Dianjurkan

Penyemprotan Disinfektan Secara Fogging Tidak Dianjurkan

DAIRIPOS, SIDIKALANG –  Ketua Tim Pakar Gugas Penanganan Covid-19, Wiku Adisasmito mengatakan, proses pembuatan penyanitasi tangan, menggunakan empat bahan, yaitu etanol, gliserol, hidrogen peroksida, dan air bersih. Di sisi lain, bahan kimia yang digunakan memiliki kadarnya masing-masing.

Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) telah mengeluarkan surat edaran perihal cara pembuatan hand sanitizer untuk menghalau virus corona atau covid -19. Pembuatan ini telah sesuai anjuran Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO.

“Bahan-bahannya adalah etanol 96 persen , gliserol 98 persen, hidrogen peroksida 3 persen, dan air steril atau aquades,” kata Wiku di Gedung BNPB, Jakarta Timur, Senin (30/3).

Menurutnya, hand sanitizer itu dapat digunakan untuk menangkal Virus Corona atau Covid-19. Kendati demikian, tidak digunakan berlebihan karena bisa menyebabkan iritasi kulit.

“Harus berhati-hati karena mengandung bahan yang mudah terbakar, utamanya bagi yang perokok atau sedang bekerja di dapur. Sekali lagi cuci tangan dengan sabun dan air mengalir adalah yang paling ampuh untuk membunuh virus, apabila tidak ada opsi gunakan hand sanitizer dengan bijak dan aman,” kata dia.

Selain itu, Wiku juga mengingatkan agar masyarakat mempertimbangkan kembali penggunaan disinfektan di area publik. Hal ini akan bisa menimbulkan dampak tak baik bagi kesehatan.

“Penggunaan cairan disinfektan di area publik, transportasi, pasar, tempat ibadah, sekolah, rumah makan, perlu memperhatikan komposisi dan jenis bahan disinfektan dan tidak dianjurkan dilakukan secara berlebihan, seperti fogging karena dapat menimbulkan iritasi kulit bahkan mengganggu pernafasan,” pungkasnya.

”Iklan”Iklan”IklanINVESTASI DAIRI POS

Tentang Novel Sinaga

Baca Juga

desa bongkaras, dairi dulunya makmur dengan pertaniannya sebelum dirusak oleh tambang (2)

Desa Bongkaras, Dairi dulunya Makmur dengan Pertaniannya Sebelum Dirusak oleh Tambang

Negara kita saat ini gencar-gencarnya mempromosikan dan mengagendakan program food estate dan mendatangkan investor sebanyak …

dairipos pelantikan pejabat eselon di pemkab dairi

Ramai Hastag #KamiPadamu di Medsos saat Sekda Leonardus Diganti

DAIRIPOS, SIDIKALANG – Pasca pelantikan pejabat Eselon II di lingkup Pemkab Dairi, berbagai aplikasi medsos …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

”Iklan”Iklan