Trustpilot
Jumat , 3 Desember 2021
”Iklan
”Iklan”Iklan ”Iklan
Pemkab Dairi Himbau Umat Muslim Untuk Sholat 'Ied' Idul Fitri di Rumah dan Takbir Keliling Ditiadakan
Bupati Dairi, Dr Eddy Keleng Ate Berutu saat memimpin rapat bersama dengan Unsur Forkopimda Kabupaten Dairi pada Jumat (22/5/2020) di Gedung Pendopo Bupati Dairi

Pemkab Dairi Himbau Umat Muslim Untuk Sholat ‘Ied’ Idul Fitri di Rumah dan Takbir Keliling Ditiadakan

DAIRIPOS, SIDIKALANG – Meski Kabupaten Dairi hingga saat ini mengalami trend positif dari penyebaran virus Covid-19 dengan adanya angka penurunan Pasien Dalam Pemantauan (PDP), Bupati Dairi Dr Eddy Keleng Ate Berutu tidak mau lengah dan mengajak seluruh jajarannya dan juga Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 serta masyarakat se-Dairi agar tetap waspada atas penyebaran Covid-19 yang saat ini masih mengalami peningkatan di berbagai daerah di luar Dairi.

Begitu juga saat menyambut Hari Raya Idul Fitri 1441 Hijriah Tahun 2020, Bupati Dairi Dr Eddy Keleng Ate Berutu atas nama Pemerintah Kabupaten Dairi menghimbau seluruh umat muslim khususnya yang ada di Kabupaten Dairi untuk melaksanakan sholat Ied dalam perayaan Hari Raya Idul Fitri agar dilaksanakan di rumah masing-masing.

Hal itu dinyatakan oleh Bupati Dairi, Dr Eddy Keleng Ate Berutu saat memimpin rapat bersama dengan Unsur Forkopimda Kabupaten Dairi pada Jumat (22/5/2020) di Gedung Pendopo Bupati Dairi yang dihadiri Dandim 0206 Dairi Letkol Arh. Hadi Purwanto, Kabag Ops Polres Dairi Kompol Kasmir Sitanggang mewakili Kapolres Dairi dan Kasi Datun Kejaksaan Dairi Zulkarnain Harahap mewakili Kajari Sidikalang serta diikuti oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Dairi Drs. Leonardus Sihotang, Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Jonny Hutaoit, Asisten Administrasi Umum Drs. Sudung Ujung serta Pimpinan OPD terkait.

Bupati Dairi Dr. Eddy Keleng Ate Berutu dalam kesempatan tersebut mengatakan status untuk jumlah data covid-19 di Kabupaten Dairi dalam beberapa hari terakhir ini menunjukkan trend yang sangat baik karena mengalami penurunan dari waktu ke waktu. Oleh karena itu, menjelang lebaran yang tinggal menghitung hari, Bupati Dairi Dr. Eddy Keleng Ate Berutu menghimbau kepada seluruh pihak yang terkait khususnya Gugus Tugas Percepatan Penangangan Covid-19 Kabupaten Dairi untuk meningkatkan kewaspadaan karena kemungkinan banyak warga yang akan melakukan mudik khususnya ke Kabupaten Dairi.

“Kondisi yang baik ini harus betul betul kita jaga, jangan ada peluang peluang peningkatan kembali yang signifikan di Kabupaten Dairi,” ucap Bupati Dairi Dr. Eddy Keleng Ate Berutu.

Bupati Dairi  Eddy Berutu juga mengatakan untuk pelaksanaan Ibadah Shalat Ied di hari Raya Idul Fitri, sikap Pemerintah Kabupaten Dairi dengan memperhatikan surat edaran Menteri Agama RI No . 06 Tahun 2020 tentang panduan ibadah Ramadhan dan Idul Fitri 1 Syawal 1441 H ditengah pandemi Covid -19 menekankan agar pelaksanaannya dapat dilakukan di rumah masing-masing tanpa mengurangi makna dari perayaan hari Lebaran tersebut.

“Pemerintah melalui Kementerian Agama telah mengeluarkan panduan pelaksanaan Idul Fitri 1441 H, kita ingin implementasi di lapangan dapat berjalan dengan baik,  masyarakat tetap memperoleh nilai ibadah yang baik namun  masyarakat Dairi juga harus kita jaga keselamatannya dari Covid -19. Kita berharap Umat Muslim dapat mempedomani pelaksanaan ibadah sesuai dengan ketentuan yang telah dibuat tanpa mengurangi khitmad dari ibadah itu sendiri,” tegas Bupati Dairi.

Pada kesempatan itu Bupati Dairi Dr Eddy Keleng Ate Berutu juga mengapresiasi kerjasama seluruh pihak khususnya unsur TNI dan POLRI yang turut serta dalam pengamanan penyaluran berbagai bantuan sosial selama terlaksananya penyaluran bansos kepada masyarakat warga Dairi. Untuk data penerima bantuan sosial, Bupati Dairi, Eddy Berutu juga menjelasakan dihadapan para peserta rapat bahwa dirinya telah meminta kepada pihak terkait untuk memajang dan mengumumkan data para penerima bantuan sosial dari pemerintah tersebut di tempat-tempat umum agar masyarakat dapat mengetahuinya dan bilamana ada yang tidak tepat dapat dimusyawarahkan untuk dikoreksi dan direvisi kelayakan bagi para penerima bansos tersebut.

“Data penerima harus transparan agar masyarakat dapat melihat nama-nama yang telah terdaftar, dan bagi masyarakat yang membutuhkan namun belum terdaftar agar mendaftarkan dirinya kepada Pemerintah setempat,“ ujar Bupati Dairi, Eddy Berutu.

Semenara itu Dandim 0206 Dairi Letkol. Arh.Hadi Purwanto, SH dikesempatan yang sama mengharapkan agar Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid -19 untuk dapat memperketat penjagaan pada posko perbatasan Kabupaten Dairi seraya menyampaikan TNI dan POLRI siap mengamankan pelaksanaan Idul Fitri di Kabupaten Dairi.

“Kita akan terus bahu-membahu bergotong royong dan bersinergi guna mencegah penyebaran Covid-19 di wilayah Kabuapten Dairi,” ujar Hadi Purwanto.

Diakhir rapat tersebut,unsur Forkopimda menyetujui beberapa point himbauan yang akan dituangkan dalam surat himbauan Bupati Dairi diantaranya Umat Muslim Kabupaten Dairi untuk melaksanakan shalat Idul Fitri berjemaah di rumah masing-masing demi kemaslahatan masyarakat luas. Kedua, Meniadakan Takbir Keliling. Ketiga, bagi umat muslim yang melaksanakan shalat Idul fitri berjamaah di masjid wajib mematuhi protokol kesehatan yang telah ditetapkan oleh Pemerintah.

”Iklan”Iklan”IklanINVESTASI DAIRI POS

Tentang Novel Sinaga

Baca Juga

doa doa ditautkan masyarakat tolak tambang pt dpm untuk keberlanjutan hasil pertanian (3)

Doa-Doa Ditautkan Masyarakat Tolak Tambang PT DPM untuk Keberlanjutan Hasil Pertanian

DAIRIPOS, SILIMA PUNGGA-PUNGGA – Puluhan warga Desa Bongkaras, Kecamatan Silima Pungga-Pungga, Kabupaten Dairi melakukan doa …

dairipos pelantikan pejabat eselon di pemkab dairi

Ramai Hastag #KamiPadamu di Medsos saat Sekda Leonardus Diganti

DAIRIPOS, SIDIKALANG – Pasca pelantikan pejabat Eselon II di lingkup Pemkab Dairi, berbagai aplikasi medsos …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

”Iklan”Iklan