Rabu , 20 Oktober 2021
Cloud Hosting Indonesia
Bupati Dairi, Dr Eddy Keleng Ate Berutu
Bupati Dairi, Dr Eddy Keleng Ate Berutu saat menanam pohon Ketapang di Desa Silalahi I

Jawab Kebutuhan Penenun Silalahi, Bupati Dairi Eddy Berutu dan Ketua Dekranasda Tanam 1000 Pohon

DAIRIPOS, SILALAHI – Bupati Dairi, Dr Eddy Keleng Ate Berutu didampingi oleh Ketua Dewan Kerajinan Daerah (Dekranasda) Kabupaten Dairi, Ny. Romy Mariani Eddy Berutu menggelar kegiatan bakti sosial berupa penanaman pohon dalam acara yang bertajuk ‘Gerakan Dairi Hijau’ di Kecamatan Silahisabungan, Jumat (24/07/2020).

Penanaman pohon ini digelar untuk mewujudkan Dairi yang asri dan juga hijau, sembari menjawab persoalan yang dihadapi para penenun Ulos Silalahi yang saat ini sangat bergantung pada tumbuhan dan tanaman endemik yang tumbuh di tanah Silahisabungan sebagai bahan dasar pewarna alami untuk pewarna benang bahan pembuat Ulos Tenun Silalahi.

Beberapa rangkaian kegiatan Gerakan Dairi Hijau ini yang digelar selain penanaman pohon juga digelar bersih-bersih pantai yang merupakan tempat wisata yang ada di Kecamatan Silahisabungan oleh Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Dairi.

Ketua Dekranasda Kabupaten Dairi, Ny Romy Mariani Eddy Berutu dalam sambutannya menyampaikan kegiatan penanaman pohon ini dilakukan atas respon dari pihak Pemerintah Daerah Kabupaten Dairi, untuk menunjang kegiatan para Penenun Ulos Silalahi yang ada di Kecamatan Silahisabungan. Menurutnya, para penenun dalam melakukan kegiatan tenun Ulos saat ini sangat membutuhkan berbagai tumbuhan endemik yang ada di Kecamatan Silalahi yang mulai langka ditemukan oleh para penenun sebagai bahan baku pewarna alami, untuk pembuatan Ulos Silalahi. Selain itu untuk mendukung kelestarian alam di tempat Wisata Tao Silalahi agar tetap asri dan lestari serta menjaga keseimbangan alam di tempat wisata sekitar pantai Tao Silalahi.

Menurut  Ny Romy Mariani Eddy Berutu dukungan penuh dari pemerintah daerah Kabupaten Daerah diharapkan semakin memotivasi para pengrajin Ulos yang ada di Silalahi dan para pelaku usaha produk ramah lingkungan lainnya, terlebih Geosite Silahisabungan sudah menjadi bagian dari Geopark Kaldera Danau Toba yang telah diakui oleh Unesco atau diakui Dunia sehingga harus mendapatkan perhatian khusus dari para pemangku kepentingan sehingga bisa mewujudkan kesejahteraan di tanah Silahisabungan. Untuk itu diperlukan pelestarian sejarah, culture, budaya dan keberagaman hayati yang ada di Silahisabungan ini.

Masih menurut Ny. Romy Mariani Eddy Berutu bahwa tidak semua daerah di sekitar Danau Toba memiliki penenun Ulos seperti yang dimiliki oleh Silahisabungan. Ulos Silalahi ini merupakan satu kultur budaya yang harus dipertahankan dan dilestarikan, karena hasil produk Ulos oleh para Penenun Silalahi memiliki ciri khas dan keunggulan tersendiri. Namun, para penenun saat ini kesulitan menemukan tumbuh-tumbuhan di hutan Silahisabungan yang bisa dimanfaatkan sebagai pewarna alami untuk pewarna benang tenun Ulos Silalahi, sehingga penenun tidak lagi menggunakan pewarna bahan kimia yang bisa menyebabkan polusi lingkungan disekitar Tao Silalahi.

“Sehingga kita berinisiatif melakukan Gerakan Dairi Hijau dan saat ini melakukan penanaman hampir 2.000 bibit pohon dengan berbagai jenis tumbuhan diantaranya tayom sebagai bahan pewarna untuk warna biru, pohon buah mengkudu untuk pewarna merah, pohon jengkol untuk pewarna coklat, pohon ketapang dimana daunnya untuk bahan pewarna yang menghasilkan warna kuning atau coklat muda,” terang Romy Mariani.

Tentang Novel Sinaga

Baca Juga

bupati dairi eddy berutu

Hore, Alokasi Transfer Daerah Tahun 2022, DAK Fisik ke Dairi Tertinggi Ke-2 se Sumut

DAIRIPOS, Kabupaten Dairi – Alokasi Transfer Dana Desa/ DAK Non Fisik/ DAK Fisik Tahun Anggaran …

Bupati Resmikan Bumdes di buntu raja di

Resmikan Bumdes, Bupati Dairi ingin Pengelolaan Air Minum di Desa Terus Dikembangkan

DAIRIPOS, SINEHU – Bupati Dairi Dr. Eddy Keleng Ate Berutu meresmikan Bumdes Martabe Desa Buntu …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Cloud Hosting