Trustpilot
Jumat , 3 Desember 2021
”Iklan
”Iklan”Iklan ”Iklan
Genjot PAD Tidak Mesti dari Tambang, Tanah Dairi Subur dan Kopinya Tersohor
Kepala Divisi Advokasi Yayasan Petrasa, Duat Sihombing, ST saat diskusi santai dengan para petani di Desa Pandiangan

Genjot PAD Tidak Mesti dari Tambang, Tanah Dairi Subur dan Kopinya Tersohor

DAIRIPOS, SIDIKALANG – Untuk menggenjot Pendapatan Asli Daerah (PAD) tidak mesti dari retribusi di sektor Pertambangan. Terlebih untuk wilayah Kabupaten Dairi, yang selama ini sudah terkenal dengan hasil pertaniannya; salah satunya dengan hasil Kopi Sidikalangnya yang sudah tersohor.

Hal ini disampaikan Kepala Divisi Advokasi Yayasan Pengembangan Ekonomi dan Teknologi Rakyat Selaras Alam (PETRASA), Duat Sihombing untuk menepis berbagai isu yang saat ini digulirkan bahwa Dairi akan bergantung pada Tambang.

Dimana diketahui, di wilayah Kabupaten Dairi ada sebuah perusahaan tambang yang dikelola oleh PT Dairi Prima Mineral (DPM) yang hingga saat ini belum mendapatkan ijin AMDAL untuk beroperasi.

“Ada pihak-pihak tertentu yang saat ini sedang menggulirkan isu bahwa tambang adalah solusi dengan memunculkan keresahan ekonomi, PAD dan keresahan lainnya ditengah masyarakat yang nantinya mengerucutkan bahwa Dairi butuh tambang, dan itu harus kita tepis. Bahwa Dairi kita ini subur, dan pertaniannya melimpah jika kita pemerintah dan stakeholder terkait bersama-sama menopang para petani kita, menjawab segala kebutuhan para kelompok petani dan petani yang ada di dairi,” terang Duat kepada Dairi Pos.

Lebih jelas lagi, Duat menyampaikan jauh sebelum ada tambang, hasil pertanian yang ada di dairi mampu menopang dan meningkatkan taraf hidup para warga di Kabupaten Dairi.

“Ini yang kami selalu yakini dari Petrasa, sehingga kami terus mendampingi para petani untuk lebih maju dalam bidang pertaniannya, karena Daerah kita ini penopang utamanya adalah pertanian,” ungkap Duat.

Di kesempatan ini juga ia berharap, agar pemerintah pusat bisa lebih jeli melihat kebutuhan wilayah Kabupaten Dairi bahwa wilayah ini membutuhkan perhatian dalam sektor pengembangan pertanian melihat tanahnya yang subur.

“Karena ribuan petani disini menginginkan tanahnya tetap subur, karena tambang hanya akan merusak mata pencaharian mereka dan mengurangi hasil panen mereka. Dengan kerusakan alam yang akan ditimbulkan oleh eksploitasi tambang,” pungkasnya.

Bersambung...!!!

Penulis: Novel M Sinaga

”Iklan”Iklan”IklanINVESTASI DAIRI POS

Tentang Novel Sinaga

Baca Juga

desa bongkaras, dairi dulunya makmur dengan pertaniannya sebelum dirusak oleh tambang (2)

Desa Bongkaras, Dairi dulunya Makmur dengan Pertaniannya Sebelum Dirusak oleh Tambang

Negara kita saat ini gencar-gencarnya mempromosikan dan mengagendakan program food estate dan mendatangkan investor sebanyak …

mempertahankan tanah untuk ketahanan pangan di bawah ancaman tambang pt dpm

Mempertahankan Tanah untuk Ketahanan Pangan di Bawah Ancaman Tambang PT DPM

PT Dairi Prima Mineral (PT DPM) merupakan perusahaan  tambang yang akan melakukan kegiatan tambang di …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

”Iklan”Iklan