Jumat , 23 April 2021
Funding Officer BRI Sidikalang, Melda Marpaung saat memberikan paparan di Disperindag Dairi

Disperindag Dairi Sosialisasi Sistem Pembayaran Melalui QRIS

SIDIKALANG – Perkenalkan pembayaran non tunai melalui sistem Quick Response Code Indonesia Standard (QRIS), Dinas Perindag dan UKM Dairi kembali melaksanakan sosialisasi dengan mengundang para pedagang, yakni pengusaha kuliner, driver ojek kita, UMKM dan IKM yang ada di Kabupaten Dairi.

Kegiatan sosialisasi dilaksanakan di ruang rapat Dinas Perindagkop dan UKM Dairi, Jalan Pandu, Kelurahan Bintang Hulu, Kecamatan Sidikalang, Selasa (8/9). Sebagai narasumber dalam kegiatan itu Funding Officer BRI Sidikalang, Melda Marpaung.

Usai kegiatan sosialisasi kepada wartawan, Melda Marpaung manjelaskan, kegiatan yang dilaksanakan untuk memperkenalkan apa itu yang namanya QRIS kepada pedagang dan masyarakat, serta apa keunggulannya.

“Dengan adanya QRIS pedagang dan masyarakat tidak lagi menggunakan uang tunai, tetapi sudah bisa belanja kemanapun menggunakan aplikasi dari hand phone untuk pembayaran,” kata Melda.

Disebutkannya, QRIS sendiri standarisasi pembayaran menggunakan metode QR Code dari Bank Indonesia. Dimana satu QR Code dapat dipindai oleh seluruh aplikasi yang menyediakan pembayaran dengan QR Code, seperti Ling Aja, Dana, Gojek, Ovo dan Shopee.

“Jadi sekarang ini hand phone tidak hanya dipakai alat komunikasi, tetapi bisa juga digunakan untuk berbelanja dan melakukan pembayaran,” terang Melda.

Sementara, Kadis Perindagkop dan UKM Dairi, Oloan Hasugian menyampaikan, sosialisasi yang dilakukan untuk menindaklanjuti instruksi Bupati Dairi, Dr Eddy Keleng Ate Berutu terkait penggunaan QRIS untuk transaksi non tunai di Kabupaten Dairi.

“Sebelumnya kita juga telah melakukan sosialisasi yang sama kepada para pemilik rumah makan dan hotel yang ada di Kecamatan Silahisabungan,” ucap Oloan.

Dengan adanya QRIS diharapkan dapat mempercepat transaksi non tunai, sehingga perputaran uang juga semangkin cepat. Apalagi dengan adanya pandemi Covid-19 yang sedang terjadi di dunia, khususnya Indonesia. Penggunaan QRIS dapat mencegah penyebaran virus corona.

“QRIS sendiri saat ini sudah mulai diterapkan para pedagang di pasar dan pengusaha kuliner di Sidikalang,” ujar Oloan.

Ditambahkan Oloan, untuk saat ini para pedagang dan masyarakat banyak yang belum mengerti dan terbiasa menggunakan QRIS sebagai transaksi pembayaran. Untuk itu, Dinas Perindagkop dan UKM Dairi akan terus berusaha melakukan sosialisasi kepada para pedagang dan masyarakat.

“Banyak keuntungan menggunakan sistem pembayaran dengan QRIS, antara lain pembayaran lebih cepat, aman dan praktis. Kita tidak lagi perlu membawa uang tunai untuk melakukan transaksi pembayaran ,” terangnya. (Fajar/ Novel)

Tentang Dairi Pos

Baca Juga

Gelar Dialog Kerukunan Antar Anak Bangsa, Bupati Dairi Ajak Semua Pihak Menjaga Silaturahmi

SIDIKALANG – Bupati Dairi Dr Eddy Keleng Ate Berutu, Minggu (15/11/2020) membuka kegiatan dialog kerukunan antar …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *