Rabu , 20 Oktober 2021
Cloud Hosting Indonesia
Penenun Ulos
Para Penenun ulos Silalahi di Desa Silalahi

CSR Inalum Sangat Membantu Perekonomian Para Penenun Ulos di Tengah Pandemi Covid-19

DAIRIPOS, SIDIKALANG – Wabah Pandemi virus corona Covid-19 telah melemahkan sendi-sendi perekonomian di setiap wilayah yang ada di Indonesia. Salah satunya aktivitas ekonomi oleh para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) termasuk di sektor ekonomi kreatif dalam bidang kerajinan tangan.

Namun berbeda halnya di wilayah Kabupaten Dairi, terdapat satu desa yakni Desa Silalahi 1, Kecamatan Silahisabungan yang merupakan salah satu sentra produksi kain tenun yang masyarakatnya bergantung pada produksi kerajinan tangan berbentuk tenunan kain yang dikenal ‘ulos batak’ yakni Ulos Silalahi hingga saat ini berjalan meski di situasi sulit akibat wabah Pandemi Covid-19.

Meski produk tenun yang mereka hasilkan biasanya dijual untuk komoditas pesta, para penenun di tengah Pandemi tetap berproduksi meski acara pesta adat hampir tidak ada karena penerapan protokol kesehatan yang tidak memperbolehkan adanya pelaksanaan pesta adat (kerumunan massa). Lalu mengapa aktivitas penenun di Kecamatan Silahisabungan tetap berjalan dan berproduksi, berikut penelusuran tim redaksi Dairi Pos.

Produksi tenun Ulos Silalahi di Kecamatan Silahisabungan yang tetap berjalan, ternyata tidak terlepas dari peranan Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Dairi yang melakukan pembinaan secara berkelanjutan terhadap para penenun binaannya yang ada di Kecamatan Silahisabungan. Di tahun 2019, Dekranasda Kabupaten Dairi mengajukan program eco-fashion yakni pembuatan Ulos sebagai produk fashion dengan pewarna alami yang ramah lingkungan dengan menggandeng PT Inalum sebagai perusahaan yang turut membiayai produk ini melalui bantuan Corporate Social Responsibility (CSR) yakni tanggung jawab sosial perusahaan kepada masyarakat Kecamatan Silalahi, dimana wilayah Silahisabungan salah satu wilayah  yang berada di pesisir danau Toba yang merupakan wilayah penopang atas keberadaan perusahaan yang bergerak dibidang pertambangan tersebut.

BACA JUGA :

Tentang Novel Sinaga

Baca Juga

bupati dairi eddy berutu

Hore, Alokasi Transfer Daerah Tahun 2022, DAK Fisik ke Dairi Tertinggi Ke-2 se Sumut

DAIRIPOS, Kabupaten Dairi – Alokasi Transfer Dana Desa/ DAK Non Fisik/ DAK Fisik Tahun Anggaran …

Bupati Resmikan Bumdes di buntu raja di

Resmikan Bumdes, Bupati Dairi ingin Pengelolaan Air Minum di Desa Terus Dikembangkan

DAIRIPOS, SINEHU – Bupati Dairi Dr. Eddy Keleng Ate Berutu meresmikan Bumdes Martabe Desa Buntu …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Cloud Hosting