Trustpilot
Kamis , 2 Desember 2021
”Iklan
”Iklan”Iklan ”Iklan
Bupati Dairi Pimpin Apel Gelar Pasukan Penegakan Disiplin Protokol Kesehatan di Kantor Kodim 0206/Dairi
Bupati Dairi, Eddy Berutu didampingi Dandim 0206/Dairi Letkol Arh Hadi Purwanto dan Kasat lantas AKP Herliandri memimpin apel gelar pasukan dalam rangka operasi penegakan disiplin protokol kesehatan diwilayah Kodim 0206/Dairi.

Bupati Dairi Pimpin Apel Gelar Pasukan Penegakan Disiplin Protokol Kesehatan di Kantor Kodim 0206/Dairi

DAIRIPOS, SIDIKALANG – Bupati Dairi, Dr Eddy Keleng Ate Berutu didampingi Dandim 0206/Dairi Letkol Arh Hadi Purwanto SH dan Kasat lantas AKP Herliandri memimpin apel gelar pasukan dalam rangka operasi penegakan disiplin protokol kesehatan diwilayah Kodim 0206/Dairi, Kamis (04/06/2020).

Kegiatan yang dipusatkan di halaman Makodim 0206/Dairi, Jalan Gereja, Kecamatan Sidikalang ini, dihadiri para OPD, SKPD dan jajaran Kodim 0206/Dairi dan personil dari Polres Dairi.

Dalam arahannya Bupati Dairi Dr Eddy Keleng Ate Berutu mengatakan, pademi Virus Corona Disease 2019 (Covid-19) telah melanda dunia dan nyata-nyata menjadi tantangan besar seluruh umat manusia untuk menunjukan kualitas diri mereka sebagai mahluk sosial di zaman yang sudah maju ini.

Manusia dimasa pandemi ini dituntut untuk mengembangkan semangat dan berbagi untuk meninggalkan sifat egoisme sektoral dalam diri dan kehidupan sosial mereka. Ketidak pedulian satu orang untuk mencegah Covid-19 sangat berpengaruh pada meningkatnya jumlah warga yang terpapar pandemi ini.

“Hubungan timbal balik antara diri kita, organisasi kita, satuan kita sangat tergantung pada kesehatan orang lain juga. Demikian sebaliknya, antara kita dan yang lain,” kata Eddy Berutu dihadapan seluruh peserta apel.

Apel gelar pasukan ini melibatkan TNI, Polri dan Pemkab Dairi serta instansi terkait yang bertujuan untuk mengetahui dan meyakinkan sampai sejauh mana kesiapan pemerintah dan masyarakat Dairi secara keseluruhan. Baik personil materil maupun sarana pendukung lainnya dalam melaksanakan tugas.

Menurut Bupati Eddy Berutu, Pemkab Dairi bersama Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Dairi mempunyai tanggungjawab dalam penegakan disiplin mematuhi protok kesehatan, sesuai kebijakan pemerintah dengan berpedoman kepada protokol penaganan Covid-19, surat edaran kementrian kesehatan Indonesia Nomor HK 02.01Menkes/335/2020, tentang protokol pencegahan Covid-19 ditempat kerja, sektor jasa dan perdagangan atau areal publik dalam mendukung keberlangsungan usaha.

Juga mempedomani keputusan Menteri Kesehatan Indonesia Nomor HK 01.07 Menkes/328/2020, tentang panduan dan pengendalian Covid-19 ditempat kerja termasuk perkantoran dan industri dalam mendukung keberlangsungan usaha pada situasi pandemi.

Hal ini juga berpedoman dan menindaklanjuti surat Pangdam 1/ Bukit Barisan Nomor STR/508/2020, tanggalal 1 Juni 2020, CqKomandan korem 023/KS, tentang pelaksanaan operasi pendisiplinan pelaksanaan protokol kesehatan diwilayah yang menjadi prioritas yang dilaksanakan sesuai jadwal yang ditentukan antara lain, melaksanakan operasi dititik atau puasat keramaian yang menjadi prioritas, seperti di ruang publik, sarana dan transportasi umum, halte. terminal, mall, pasar, tempat rekreasi, tempat ibadah dan lain-lain sesuai kebijakan pemerintah.

Menggunakan pakaian dan perlengkapan satuan tanpa senjata, menggunakan tanda pengenal dan alat pelindung diri, seprti masker, glove, hand sanitizer dan APD lainnya.

“Temasuk juga pelaksanaan itu mengacu dengan pelaksanaan, persuasif, humanis dengan pendekatan merangkul tokog agama, tokoh adat, tokoh pemuda dan tokoh masyarakat serta lainnya,” ujar Eddy Berutu.

Dalam pelaksanaan apel ini juga mencegah secara dini dan lapor cepat setiap perkembangan yang terjadi dan melaksanakan koordinasi antar gugus tugas yang telah dibentuk dan disepakati bersama tentunya akan menjadi tugas masing-masing.

“Saya sangat mengapresiasi apel gelar pasukan yang dilaksanakan diwailayah Kodim 0206/Dairi. Secara pribadi dan atas nama pemerintah saya melihat bahwa penegekan disiplin ini sesuatu hal tidaklah muda. Dibutuhkan betul-betul kesamaan pandang antara kita semua pada khususnya masyarakat, bahwa displin azasnya adalah keadilan, kesetaraan, agar hak-hak semua warga negara bisa terpenuhi khususnya pada perlindungan kesehatan terhadap wabah Covid-19,” ucap Eddy Berutu.

Disebutka Eddy Beruru, satu yang tidak disiplin dapat mempengaruhi ekosistem secara keseluruhan. Betapa cepatnya Covid-19 ini beredar, maka jelas sekali memberi pelajaran pada semua manusia. Satu individu bisa menjangkiti keseluruhan umat.

“Oleh karena itu apel gelar pasukan ini sangat-sangat penting meberi arah dan momentum kepada kitasemua, khususnya masyarakat marilah kita masuki erah baru. Erah disiplin protokol kesehatan yang akan berlaku di wilayah Kabupaten Dairi dan wilayah Republik Indonesia,” punkas Eddy Berutu.

Sementara Dandim 0206/Dairi, Letkol Arh Hadi Purwanto menyampaikan, kegiatan apel gelar pasukan sekaligus perlengkapan dalam rangka penegakan disiplin protokol kesehatan.

“Kita ketahui bahwa ada wacana untuk melksanakan new normal aatau era baru. Namun, pelaksanaannya butuh kajian sangat mendalam, serta perlunya disiplin masyarakat,” ujar Hadi Purwanto.

Olek karena itu untuk persipan ke arah sana perlu adanya mememberikan kesadaran kepada masyarakat apabila nantiberlaku era baru ini semua masyarakat sudah paham dan menyadari bagaimana pelaksanaan protokol kesehatan.

Untuk menumbuhkan kesadaran itu perlu adanya penegakan disiplin dari berbagai elemen masyarakat termasuk, TNI, Polri dan Pemkab Dairi agar bisa memberikan kesadaran kepada masyarakat lainnya untuk melaksanakan dan mematuhi protokol kesehatan.

“Jadi, saya menghimbau kepada masyarakat di Kabupaten Dairi, marilah sama-sama memutus mata rantai Covid-19. Caranya dengan mematuhi segala protokol kesehatan, baik penggunaan masker, jaga jarak dan lain sebagaianya,” imbuhnya.

”Iklan”Iklan”IklanINVESTASI DAIRI POS

Tentang Novel Sinaga

Baca Juga

doa doa ditautkan masyarakat tolak tambang pt dpm untuk keberlanjutan hasil pertanian (3)

Doa-Doa Ditautkan Masyarakat Tolak Tambang PT DPM untuk Keberlanjutan Hasil Pertanian

DAIRIPOS, SILIMA PUNGGA-PUNGGA – Puluhan warga Desa Bongkaras, Kecamatan Silima Pungga-Pungga, Kabupaten Dairi melakukan doa …

dairipos permampu serukan perlawanan terhadap kekerasan seksual di masa pandemi covid 19

Permampu Serukan Perlawanan terhadap Kekerasan Seksual di Masa Pandemi Covid-19

DAIRIPOS, MEDAN – Baru-baru ini publik dihebohkan oleh kekerasan seksual yang dialami oleh mahasiswi (L, …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

”Iklan”Iklan