Trustpilot
Sabtu , 4 Desember 2021
”Iklan
”Iklan”Iklan
BPJS Kesehatan Dairi
Kepala BPJS Kesehatan Dairi, Radiah Nazmah Sari saat memberikan pemaparan

BPJS Kesehatan Dairi Sosialisasi Keringanan Pembayaran Tunggakan JKN

DAIRIPOS, SIDIKALANG – BPJS Kesehatan Dairi melaksanakan sosialisasi program keringanan pembayaran tunggakan JKN (Relaksasi Tunggakan). Bertempat di Ofal Cafe, Jalan Pahlawan Panji Sibura-bura, Kecamatan Sidikalang, Kabupaten Dairi, Rabu (23/9/2020).

Sebagai pembicara dalam kegiatan tersebut, Kepala BPJS Kesehatan Dairi, Radiah Nazmah Sari dan Staff Komunikasi Publik BPJS Kesehatan Cabang Kabanjahe, Cut Syaila.

Cut Syaila dalam paparannya mengatakan, program keringanan relaksasi tunggakan pembayaran iuran sesuai Perpres nomor 64 Tahun 2020. Bertujuan memberikan keringanan finansial bagi peserta dalam masa pandemi Covid-19, meningkatkan peluang untuk keaktifan peserta dan meningkatkan potensi penerimaan iuran.

Program relaksasi ini diperuntukan bagi peserta JKN Peserta Bukan Penerima Upah (PBPU) dan Pekerja Penerima Upah Badan Usaha (PPU BU) yang memiliki tunggakan lebih 6 bulan.

Melalui program relaksasi, bagi peserta yang mempunyai tunggakan iuran dan terasa berat untuk membayar tunggakan sekaligus dapat mengaktifkan kembali kartu BPJS Kesehatan.

“Untuk itu BPJS Kesehatan memberi keringanan finansial bagi peserta dengan cara, cukup membayar 6 bulan plus satu bulan berjalan (7 bulan) maka kartunya langsung aktif untuk digunakan pelayanan kesehatan. Dengan catatan sisa iuran yang masih tertunggak dicicil mulai Januari sampai Desember 2021,” sebut Cut Syaila.

Sementara Radiah Nazmah Sari menyampaikan, tunggakan peserta BPJS Kesehatan untuk peserta mandiri di Kabupaten Dairi mencapai 13 miliar, sehingga ada kebijakan BPJS Kesehatan pusat melakukan relaksasi tunggakan.

Dalam hal ini pemerintah memberikan solusi bagi peserta yang menunggak iuran boleh hanya membayar tunggakan 6 bulan plus satu bulan berjalan untuk mengaktifkan kembali kartu BPJS Kesehatan.

“Namun, sisanya bukan dihentikan dan itu tetap harus dibayar dengan cara cicilan. Itulah inti dari program sosialisasi relaksasi tunggakan ini,” kata Radiah.

Disebutkan Radiah untuk peserta BPJS di Kabupaten Dairi terhitung bulan Agustus sebanyak 227.758 orang. Untuk yang menunggak iuran sebanyak 25.318 orang dan itu semua merupakan peserta BPJS mandiri,” terangnya.

Ditambahkannya, melalui kegiatan ini pihak BPJS berharap para peserta bisa menyebarluaskan informasi kepada masyarakat luas terutama yang memiliki tunggakan, tetapi ingin menggunakan kembali kartu BPJS Kesehatannya melalui program relaksasi.

Reporter : Fajar Gunawan

BACA JUGA :

  • Disperindag Dairi Sosialisasi Sistem Pembayaran Melalui QRIS
  • Tiga Calon Terbaik Tiap OPD adalah Berdasar Penilaian Pansel
  • Sempat Meninggalkan RSUD Sidikalang tanpa Izin, Pasien ODP Bersedia Kembali Di Isolasi
  • Keren, Gak Banyak Cerita, “DAME DAIRI” Aksi Nyata
  • Pemkab Launching Transaksi Non-Tunai QRIS ke Masyarakat Dairi
  • ”Iklan”Iklan”IklanINVESTASI DAIRI POS

    Tentang Novel Sinaga

    Baca Juga

    dairipos pelantikan pejabat eselon di pemkab dairi

    Ramai Hastag #KamiPadamu di Medsos saat Sekda Leonardus Diganti

    DAIRIPOS, SIDIKALANG – Pasca pelantikan pejabat Eselon II di lingkup Pemkab Dairi, berbagai aplikasi medsos …

    mempertahankan tanah untuk ketahanan pangan di bawah ancaman tambang pt dpm

    Mempertahankan Tanah untuk Ketahanan Pangan di Bawah Ancaman Tambang PT DPM

    PT Dairi Prima Mineral (PT DPM) merupakan perusahaan  tambang yang akan melakukan kegiatan tambang di …

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ”Iklan”Iklan