Kamis , 4 Maret 2021
Bupati Dairi, Dr Eddy Keleng Ate Berutu

Berprestasi, Dairi Salah Satu Dari 5 Wilayah se-Sumut Dapatkan DID Tambahan

“Dilain pihak, saya melihat masih banyak pejabat di OPD yang bekerja linier sekedarnya dan belum sinergis. Pekerjaan seperti penanganan Covid-19 ini dapat lebih jelas menunjukan kualitas SDM kita yang ada. Kita akan menjadikan hal ini sebagai bahan evaluasi di semua tingkatan dan jajaran yang ada. Mumpung masih ada waktu silahkan semua introspeksi kinerja dan kontribusinya dan lakukan perbaikan kinerja,” pesan Bupati Eddy Berutu.

SIDIKALANG – Dari 33 Kabupaten/ kota se Sumatera Utara, Kabupaten Dairi menjadi salah satu dari 5 (lima) wilayah yang ada di Sumatera Utara yang masuk dalam daftar wilayah sebagai penerima Dana Insentif Daerah (DID) Tambahan Tahun Anggaran 2020.

Adapun 5 wilayah di Sumut yang masuk sebagai wilayah penerima DID Tambahan Tahun 2020 yakni wilayah Kabupaten Asahan, Kabupaten Dairi, Kabupaten Deli Serdang, Kabupaten Padang Lawas dan kota Medan. Ke lima Kabupaten/ Kota ini dinyatakan berprestasi dan telah memenuhi syarat penilaian terbaik dalam Penanganan Wabah Covid-19 oleh Pemerintah Pusat.

Masuknya wilayah Kabupaten Dairi dalam penetapan oleh Menteri Keuangan Republik Indonesia berdasarkan PMK Nomor 151 Tahun 2020 tentang Pengelolaan Dana Insentif Daerah Tambahan Tahun 2020 itu ternyata tidak terlepas dari kinerja yang baik yang dilakukan selama penanganan Covid-19 yang dilakukan oleh Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Dairi, termasuk dalam hal menyampaikan laporan kinerja bidang kesehatan untuk pencegahan dan/ atau penanganan Coronavirus Disease dan laporan bantuan sosial/ ekonomi kepada masyarakat yang terdampak Covid-19.

Adapun besaran dari pagu DID Tambahan yang dialokasikan ke wilayah Kabupaten Dairi sebesar Rp. 9.072.192.000. Perhitungan dan Penetapan Alokasi DID Tambahan yang diterima Kabupaten Dairi ini dialokasikan berdasarkan kinerja Pemerintah Daerah di dalam penanganan Covid-19 dan data terpadu kesejahteraan sosial.

Atas prestasi ini, Bupati Dairi, Dr Eddy Keleng Ate Berutu menyampaikan ucapan terimakasih kepada seluruh elemen masyarakat yang turut terlibat dalam penanganan Covid-19 di wilayah Kabupaten Dairi baik itu para relawan, Kades, TNI/ Polri Forkopimda.

“Karena atas kerjasama yang baik ini dan kepedulian banyak pihak dalam penanganan Covid sehingga kita bisa meraih prestasi ini. Karena tidak semua wilayah mendapat Alokasi DID Tambahan tahun 2020 ini. ” ujar Bupati Eddy Berutu.

Lebih lanjut Bupati Eddy Berutu menyampaikan dana DID Tambahan ini nantinya ini akan digunakan untuk peningkatan pelayanan kepada masyarakat di Kabupaten Dairi. 

“Ini menjadi bukti bilamana kita bisa bersatu bersama dan berkolaborasi tentu apa yang kita cita-citakan dan tujuan akan berhasil. kami juga mengucapkan terimakasih kepada pemerintah pusat yang memberikan perhatian yang khusus untuk penanganan Covid-19 di daerah-daerah termasuk di Dairi,” ujar Bupati Eddy Berutu.

Dalam kesempatan ini, Bupati Eddy Berutu kepada Dairi Pos menyampaikan pihaknya akan terus melakukan peningkatan kinerja di jajarannya dalam berbagai sektor unggulan yang ada di Kabupaten Dairi, sehingga secara maksimal bisa memberikan dampak kemajuan di wilayah Kabupaten Dairi dengan lebih cepat, dalam menciptakan kesejahteraan bagi masyarakat Dairi.

“Dilain pihak, saya melihat masih banyak pejabat di OPD yang bekerja linier sekedarnya dan belum sinergis. Pekerjaan seperti penanganan Covid-19 ini dapat lebih jelas menunjukan kualitas SDM kita yang ada. Kita akan menjadikan hal ini sebagai bahan evaluasi di semua tingkatan dan jajaran yang ada. Mumpung masih ada waktu silahkan semua introspeksi kinerja dan kontribusinya dan lakukan perbaikan kinerja,” pesan Bupati Eddy Berutu. (redaksi)

Tentang DP02

Baca Juga

Gelar Dialog Kerukunan Antar Anak Bangsa, Bupati Dairi Ajak Semua Pihak Menjaga Silaturahmi

SIDIKALANG –¬†Bupati Dairi Dr Eddy Keleng Ate Berutu, Minggu (15/11/2020) membuka kegiatan dialog kerukunan antar …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *